Akupuntur Gusmus Therapy

By Admin 11 Jun 2018, 14:15:39 WIB

Akupuntur Gusmus Therapy

Akupunktur berasal dari Cina, mulai dikenal sejak zaman batu yaitu sekitar 4000-5000 tahun

yang lalu. Saat itu orang-orang menggunakan alat yang terbuat dari batu untuk kehidupan sehari- hari. Secara tidak sengaja, luka yang terkena alat batu ternyata mengakibatkan penyembuhan penyakit. Kemudian mereka mencoba untuk menggoreskan kulit atau menekan dengan batu runcing dan kemudian dapat menyembuhkan penyakit. 

Ilmu Akupunktur berkembang dari waktu ke waktu. Jarum akupunktur semula menggunakan batu. Selanjutnya jarum akupunktur berkembang/berubah menjadi bambu, tulang dan perunggu. Seorang pangeran saat itu (bernama Hao) disembuhkan dari ketidaksadarannya oleh ahli akupunktur (bernama Pien Cie) menggunakan jarum perunggu. Jarum akupunktur dari batu (ukuran 4,5 cun) yang berasal dari jaman pernah ditemukan di Duolon County Mongolia. 

Akupuntur masuk ke dunia kedokteran barat menyebar dunia militer. Pada abad keenam akupunktur mulai dikenalkan di Korea. Abad ketujuh Pemerintah Jepang mengirim dokter-dokternya ke Cina untuk mempelajari akupunktur. Pada abad keempat belas ahli akupunktur Cina menyebarkan akupunktur ke Vietnam dan pada abad keenam belas akupunktur menyebar ke Eropa.Akupunktur diperkirakan masuk ke Indonesia sejak abad ke 18 pada saat imigran dari daratan Cina masuk ke Indonesia. Awalnya akupunktur di Indonesia merupakan kegiatan yang sangat tertutup di kalangan masyarakat Cina sampai akhirnya pada tahun 1962, tim ahli akupunktur dari RRC datang ke Indonesia untuk mengobati presiden Dr. Ir. Soekarno. Saat itu sejumlah dokter dari RSCM langsung menyerap ilmu akupunktur dari tim ahli akupunktur RRC. Pada tahun 1963, RSCM dicatat menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang membuka pelayanan kesehatan dengan akupunktur.

Akupuntur masuk ke dunia kedokteran barat menyebar dunia militer. Pada abad keenam akupunktur mulai dikenalkan di Korea. Abad ketujuh Pemerintah Jepang mengirim dokter- dokternya ke Cina untuk mempelajari akupunktur. Pada abad keempat belas ahli akupunktur Cina menyebarkan akupunktur ke Vietnam dan pada abad keenam belas akupunktur menyebar ke Eropa. Akupunktur diperkirakan masuk ke Indonesia sejak abad ke 18 pada saat imigran dari daratan Cina masuk ke Indonesia. Awalnya akupunktur di Indonesia merupakan kegiatan yang sangat tertutup di kalangan masyarakat Cina sampai akhirnya pada tahun 1962, tim ahli akupunktur dari RRC datang ke Indonesia untuk mengobati presiden Dr. Ir. Soekarno. Saat itu sejumlah dokter dari RSCM langsung menyerap ilmu akupunktur dari tim ahli akupunktur RRC. 

Pada tahun 1963, RSCM dicatat menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang membuka pelayanan kesehatan dengan akupunktur.

Untuk melakukan pengawasan terhadap praktek akupunktur, Menkes saat itu Prof. G.A. Siwabessy mengeluarkan Permenkes RI No. 037/Birhub/1973 tentang Wajib Daftar Akupunktur. Pada tanggal 7 Februari 1975 dibentuk organisasi Ikatan Akupunkturis Indonesia (IAI) sebagai wadah profesi yang bersifat nasional. Karena IAI tidak berhasil menjadi wadah tunggal profesi, maka dikeluarkanlah UU No. 8 tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan, yang membuka kesempatan untuk menyatukan kegiatan sejenis dalam 1 wadah Organisasi Profesi Akupunktur. Tanggl 6 Desember 1986 terjadi penggabungan IAI dan PAI (Persatuan Akupunktur Indonesia) menjadi PAKSI (Persatuan Akupunkturis Seluruh Indonesia). 

Mekanisme Kerja Akupuntur

Akupuntur dilakukan dengan cara menusukkan beberapa jarum akupuntur di titik-titik meridian tubuh bagian luar. Penusukkan akupuntur di titik meridian tubuh bagian luar sampai ke otot tubuh akan menstimulasi atau merangsang sistem persyarafan sehingga menimbulkan reaksi terjadinya peningkatan peredaran darah dan produksi kolagen serta meningkatkan senyawa kimia yang disebut dengan serotonin dan melepaskan zat-zat neuro hormonal. Titik meridian tubuh akan menghantarkan stimulan atau rangsangan melalui jalur meridian dan akan masuk dan memperbaiki meridian organ di dalam tubuh. Ketika jarum puntur ditusukkan ke titik meridian maka kemungkinan akan merasa sedikit sakit namun dalam ilmu akupuntur, rasa sakit berarti Chi (energi dan darah) mulai mengalir kembali sehingga terjadilah keseimbangan sistem tubuh manusia.